Obama akan secara resmi menominasikan Yellen menjadi ketua The Fed baru

obama

AFP, (9/10) — Presiden Barack Obama akan akan secara resmi mencalonkan Janet Yellen pada hari Rabu sebagai kepala perempuan pertama untuk memimpin Federal Reserve AS ditengah gejolak politik yang bisa menggoyahkan ekonomi AS.Obama akan mengajukan Yellen untuk masa jabatan empat tahun di sebuah acara Gedung Putih pada pukul 1900 GMT (02:00 WIB Kamis) yang juga akan dihadiri oleh Ketua the Fed, Ben Bernanke yang akan habis masa jabatannya.Yellen yang saat ini menjabat sebagai wakil ketua bank sentral AS muncul sebagai favorit untuk menduduki kursi nomer satu di bank sentral AS setelah calon lain, mantan menteri keuangan, Lawrence Summers menarik diri dari bursa pencalonan di Senat.

Wanita berusia 67 tahun itu saat ini duduk di tengah dovish-nya kebijakan The Fed – berfokus pada mendorong perekonomian kembali ke pekerjaan penuh.Tapi salah satu tugas pertamanya sebagai kepala the Fed, jika telah dikonfirmasi oleh Senat, akan menilai seberapa cepat kebijakan stimulus moneter mulai dikurangi (taper off) yang sebelumnya muncul wacana dari the Fed untuk mulai dilaksanakan setidaknya hingga akhir tahun.Secara umum, para ekonom dan pasar memperkirakan bahwa program pelonggaran kuantitatif senilai $85 milyar per bulan akan mulai di turunkan skala pembeliannya setelah rapat FOMC bulan September lalu.Tapi memburuknya beberapa indikator ekonomi utama, serta pertempuran politik atas kebijakan ekonomi di Washington, telah menyuarakan keprihatinan.

Yellen telah menghabiskan lebih dari belasan tahun bersama The Fed dalam berbagai posisi, termasuk empat tahun terakhir sebagai wakil ketua. Dia akan menjadi pemimpin wanita pertama di bank sentral Amerika.Yellen memenangkan dukungan dari sekitar 500 ekonom yang menandatangani petisi yang menyatakan bahwa dia adalah salah satu anggota pertama dari FOMC untuk telah memperkirakan adanya kesulitan sektor keuangan pada tahun 2007 yang berpotensi menyebabkan resesi besar.

Ben S. Bernanke telah memimpin The Fed sejak tahun 2006 melalui salah satu periode ekonomi yang paling bergejolak dalam sejarah AS. Dia awalnya dipilih oleh Partai Republik Presiden George W. Bush.
Obama melanjutkan dia untuk masa jabatan kedua pada tahun 2010 karena negara yang masih belum pulih dari krisis ekonomi terburuk sejak 1930-an – menjadi salah satu spesialisasi akademik Bernanke.

1 Comment

  1. cahyo purnomo says:

    Nice info,good company

Leave a Reply