Emas jatuh dibawah $1,300 ke terendah 7-bulan pasca shutdown AS

rifan-grafik2

New York, 01/10 (Bloomberg) ? Emas berjangka membukukan penurunan satu hari terbesarnya sejak Juli, jatuh ke level terendah tujuh minggu pada spekulasi bahwa shutdown pemerintah AS hanya akan berumur pendek, meredam permintaan terhadap logam sebagai safe haven. Pemerintah AS mulai melakukan shutdown parsial untuk pertama kali dalam 17 tahun terakhir sehingga membuat sebanyak 800.000 pegawai federal berada dalam cuti tak terbayar, menutup taman-taman nasional dan menghentikan beberapa kegiatan layanan setelah Kongres AS gagal memecahkan kebuntuan partisan atas?anggaran belanja negara.

Bagian dari ekonomi yang bergantung pada pemerintah “akan disembelih,” kata Presiden Barack Obama sebelum batas waktu shutdown diumumkan. MSCI All- Country World Index ekuitas naik sebanyak 0,7 persen .?Harga emas anjlok sebsar 23 persen tahun ini, menuju kerugian tahunan pertamanya sejak tahun 2000 setelah inflasi di AS rendah dan reli di pasar saham global ke rekor tertinggi yang mendorong investor kehilangan kepercayaan terhadap emas sebagai tempat penyimpan nilai kekayaan.

Kemerosotan itu memacu kerugian pada miliarder John Paulson dan memaksa Newcrest Mining Ltd ( NCM ) dan perusahaan tambang lainnya untuk mengumumkan writedown setidaknya $ 26 miliar. Emas berjangka untuk pengiriman Desember turun 3,1 persen dan diselesaikan pada posisi $ 1,286.10 di Comex, New York, penurunan terbesar sejak 5 Juli lalu. Sebelumnya, harga menyentuh $ 1,282.40, terendah sejak 8 Agustus dengan sekitar 1.200 kontrak?yang berpindah tangan, mencatat hari ini perdagangan terbesar.

AS yang sempat menghadapi kebuntuan untuk menaikkan?plafon utang seperti pada tahun 2011 sebelum Kongres menyetujui rencana untuk mencegah default, emas mencapai rekor $ 1,923.70 pada 6 September 2011. “Shutdown ini tidak akan bertahan lama karena acara yang sebenarnya akan menempatkan tekanan yang signifikan pada kedua belah pihak untuk menemukan kompromi,” kata Georgette Boele , ahli strategi komoditas pada ABN Amro Group NV. (brc)

Download Pdf?disini

Leave a Reply