realestatesavingsblog.com

realestatesavingsblog.com

by Dian Ramadhan

Kebanyakan orang akan berpikir dua kali untuk terjun ke dunia bisnis. Ini lebih karena ketakutan akan kerugian maupun kebangkrutan. Untuk membangkitkan keberanian seseorang terjun ke dunia dibutuhkan dorongan yang kuat. Walhasil belakangan dorongan itu sepertinya terdengar sangat konyol dan mengundang bahaya.

Banyak orang yang memberikan semangat orang lainnya untuk terjun ke dunia bisnis.Dorongan yang kerap muncul adalah perkataan; ?Mau berbisnis? Terjun saja langsung!?. Dorongan ini sebenarnya tidaklah salah dan dapat membuat orang memang terjun ke dunia bisnis. Hanya saja pada kenyataannya, dorongan seperti sangat berbahaya.

Mana mungkin berbahaya, bukankah dorongan seperti memberikan semangat tak terkira bagi seseorang untuk memulai bisnisnya sendiri. Kalimat tersebut sesuai dengan anggapan bahwa memulai bisnis dibutuhkan nyali besar. Kalimat tersebut merupakan penggambaran yang tak terbantahkan.

Benarkah demikian?

Kalimat dorongan itu, bila tidak diterjemahkan langsung tidak mengantarkan orang ke dalam lubang berbahaya. Orang tersebut akan mencerna baik-baik makna dari kalimat tersebut dan kemudian mengumpulkan nyalinya untuk terjun ke dunia bisnis. Namun celakanya bila kalimat tersebut diambil oleh orang yang mengartikannya secara langsung, inilah yang berbahaya.

Betapa tidak orang itu langsung mengumpulkan tenaga dan terjun bebas ke dunia bisnis. Namun yang tidak dia sadari bahwa sadari, dirinya seperti skydiver tanpa parasut. Hasilnya sudah dapat dipastikan, dirinya akan hancur berkeping-keping menghantam bumi. Inilah bahayanya mengadaptasi kalimat tersebut secara langsung.

Menilik kalimat itu sebenarnya masih terdapat penjelasan yang menyertainya. Terjun langsung tentunya bukan tanpa bekal apapun. Strategi, riset, perencanaan dan eksekusi yang baik adalah bekal terjun langsung yang baik. Atau dapat dikatakan sebagai parasut bagi para skydiver. Jangan buat aksi konyol yang berlindung di balik nama keberanian dan kemandirian berbisnis. Bisnis itu selalu terhubung dengan strategi, perencanaan dan eksekusi yang baik. Jadi jangan konyol mengadaptasi kalimat ?terjun langsung saja!?.

Sumber :
www.bisnisindeks.com

Leave a Reply